Cara Cepat Buat Skripsi

Cara Cepat Buat Skripsi
    Cara Cepat Buat Skripsi - Bagi seluruh adik mahasiswa ataupun siapa saja yang sedang melakukan penelitian skripsi, tesis maupun disertasi saya akan menjelaskan 6 (enam) tips yang harus dilakukan. Asal anda tau saja bahwa semua tips akan mudah dikerjakan yang penting anda bersiap meluangkan waktu untu melakukannya. Adapun cara cepat buat skripsi adalah :
    1. Gunakan Textbook Digital
    2. Cara Cepat Pertama adalah gunakan texbook Digital. Dengan menggunakan teks book digital bisa anda bayangkan betapa  mudahnya dari gadget atau notebook anda bisa dengan enjoy membaca texbook yang sangat tebal dan jika anda senang melakukannya maka pengerjaan skripsi anda akan jauh lebih cepat. Anda setiap saat bisa mengintip (daftar pustaka) dan membuka kembali diwaktu - waktu senggang. Dari sini anda banyak mendapatkan kutipan atau footnote untuk nantinya dijadikan sebagai sumber pustaka. Tapi sekali lagi bahwa anda sudah tahu kemana skripsi anda akan mengalir dan berakhir.

    3. Gunakan Fasilitas Search
    4. Cara cepat kedua adalah gunakan fasilitas search. Anda tahu bahwa untuk menemukan satu frasa yang bisa mendukung statement anda dalam skripsi atau tesis  harus didukung sumber otentik dari tulisan ilmiah. Namun tidak mungkin kita membaca buku dimana 1 buku isinya sampai ratusan halaman. Ide paling sederhana yakni menggunakan search engine mencari kata kunci PDF READER misalnya dengan aplikasi ADOBE READER kemudian cari kata kunci yang anda inginkan. Anda harus mengumpulkan dulu FOOTNOTE dulu dari subyek yang anda baca.
      Gunakan Fasilitas Search
      • Dan anda tentunya tidak perlu mencari kata kunci pada texbook digital sampai begadang karena, melalui Adobe Reader anda bisa mencari kata kunci dimana kata kunci tidak perlu banyak di search, cukup misalnya RELATIONSHIP, nantinya Kata kunci tersebut akan bergabung dengan kalimat dalam 1 paragraf.
      • Selanjutnya anda tinggal menekan ENTER lalu Mengkopy paragraf yang mengandung kata kunci pada microsoft word dan Jangan Lupa Catat Halaman dan identitas buku tersebut seperti Pengarang, Judul Buku dan penerbit.

    5. Kumpulkan
      • Setelah anda mendapatkan kata kunci kumpulan kata kunci dari pencarian cata sesuai klasifikasi buku beserta judul buku, halaman, pengarang dan peneribit. Setelah anda menemukan kata kunci perbuku maka anda harus mencatat atau mengkopy langsung di microsoft word sehingga nantinya jika dibutuhkan dengan mudah dapat di buka kembali. (Upayakan ringkasan 1 texbook disimpan dalam 1 file)
                Berikut contoh mengambil kutipan dan Footote dengan kata kunci GORDON

      Kumpulkan Literatur
    6. Print dan Baca Ulang
      • Jadi saatnya yang anda lakukan adalah memprint hasil pencarian dan baca ulang. Namun yang perlu dipahami bahwa anda tidak perlu membaca buku yang terkadang 500 halaman Namun anda hanya akan membaca potongan – potongan tulisan yang sesuai dengan topik skripsi atau tesis anda yang merupakan Intisari dari buku tersebut. Dan hal ini bisa menghemat waktu anda untuk membaca hingga 50%.
    7. Mulai Tulis Skripsi
      • Mulailah menulis skripsi anda, dengan melakukan comotan terhadap teks – teks yang relevan sambil membuat catatan kaki / tinjauan pustaka dan anda bebas berimprovisasi dengan sebaik baiknya. Gunakan waktu 2 jam perhari untuk menulis.
    8. Sempurnakan Isi Skripsi
    • Setelah skripsi dan tesis anda sudah dirasa berbobot dengan siraman footnote maka pastikan kembali ke awal untuk menghindari skripsi anda melebar. Ingat Footnote hanya menguatkan anda bukan malah skripsi dan anda terbawa bawa dengan footnote.

Belajar Menulis Skripsi & Tesis