Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS

Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS Pada Artikel contoh kasus saya sebelumnya (baca : persiapan mengolah data menggunakan regresi berganda) selanjutnya data tersebut
diolah dengan menggunakan SPSS, untuk menjalankan program SPSS pastikan bahwa notebook atau komputer anda telah diinstal program SPSS. berikut langkah step by step memecahkan kasus Regresi berganda.

  1. Menjalankan SPSS. : Buka SPSS, bisa open lewat program, windows explorer atau klik dua kali icon SPSS. Hasilnya akan nampak seperti ini:

  2. Layar-Pembuka-SPSS

  3. Setelah media SPSS editor dalam posisi ready, selanjutnya tinggal ketik nama-nama variable beserta masing-masing indikatornya dengan cara sbb : (untuk memulai memberi nama variable, klik variable view pada bagian paling bawah sebelah kiri) Hasilnya akan tampak sbb :
  4. Data-Editor-SPSS

  5. Selanjutnya Masukkan seluruh data hasil tabulasi quisioner kedalam tabel berikut berdasarkan jawaban - jawaban atas pertanyaan pada quisioner, seperti contoh berikut.

  6. Hasil-input-tabulasi-quisioner
    Data diatas berjumlah n = 30 namun yang terlihat pada layar hanya 12 dan langkah analisis telah disiap di jalankan.
  7. Setelah seluruh data diinput, selanjutnya akan dilakukan analisis Regresi Berganda dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  8. Pertama : Melakukan uji reliability dan validitas. Caranya Klik Menu Analyze ---> klik Scale ----> klik Reliability analisys

    Analisys-reliability

  9. Langkah selanjutnya adalah masukkan tiap peubah dan indikator ke dalam kotak item (klik panah kanan  -> untuk memindahkan kekanan tiap peubah beserta indikatornya) sesuai dengan kelompoknya masing-masing lalu klik OK. , Gambar diatas adalah proses untuk menguji validitas dan reliabilitas untuk indikator-indikator X1, dan lakukan hal yang sama diatas untuk x2 dan Y lakukan sesuai kelompoknya (Pengelompokan Lihat artikel sebelumnya)

  10. Setelah melakukan langkah nomor 5, maka akan menghasilkan Output dari SPSS seperti gambar berikut, dan selanjutnya menginterpretasi hasil uji validitasi dan realibility output.

  11. Interpreretasi dari hasil analisis validitas dan reabilitas output diatas, bahwa Secara statistik, Instrumen penelitian dikatakan mempunyai tingkat validitas yang baik jika Nilai corrected item-total correlation dibandingkan dengan nila r kritik pada tabel harus lebih besar. Instrumen penelitian dikatakan mempunyai tingkat reliabilitas yang tinggi jika nilai Alpha lebih besar dari 0,6. Jadi berdasarkan hasil output diatas maka instrument penelitian untuk merespon peubah gaji sudah “valid dan reliable”, Selanjutnya lakukan interpretasi yang sama untuk x2 dan Y dengan bersandar pada ketentuan diatas. semoga bisa di mengerti ya, dan kalau belum mengerti silahkan bertanya bro..

Para teman teman mahasiswa, artikel ini belum selesai dan saya akan menulis lanjutannya pada artikel berikutnya dengan judul Pengujian Asumsi Klasik dan Regresi Berganda.

Belajar Menulis Skripsi & Tesis