Konsep Regresi Linear Berganda

Konsep Regresi Linear Berganda Regresi berganda (multiple linear regression)adalah bagian dari analisis multivariate. Pada artikel saya sebelumnya (contoh kasus regresi linear sederhana dengan SPSS) mengenai regresi linear sederhana yang mencakup 2 variabel yakni variabel X (independen variable) dan variabel Y (dependen variable). Adapun tujuannya adalah mengetahui besarnya pengaruh X terhadap Y kalau X naik 1 unit atau untuk mengetahui berapa tambahan Y kalau X naik 1 unit dan untuk meramalkan Y. Perlu diketahui bahwa faktor penyebab perubahan Y bukan hanya X tapi masih banyak X lainnya. Olehnya itu untuk menghitung pengaruh X Lainnya terhadap Y maka harus menggunakan analisis korelasi dan Regresi berganda. Kata “berganda” diambil sebagai penjelas untuk menunjukkan bahwa peneliti dalam penelitiannya menggunakan lebih dari satu variabel bebas.

Semua istilah (terminologi) yang digunakan dalam regresi sederhana juga berlaku dalam regresi linear berganda, meskipun demikian jika melihat rumus rumus atau permodelan yang digunakan dalam regresi sederhana dan regresi linear berganda sangat memusingkan bagi sebagian kecil mahasiswa. Seiring kemajuan teknologi software, semua tujuan untuk uji hubungan maupun pengaruh baik secara bersama-sama maupun secara parsial dapat diselesaikan hanya dengan satu “click” yaitu “regression”. Semua tindakan olah data itu dapat dilakukan bahkan berulang-ulang dengan beberapa perbaikan yang dimungkinkan hanya dalam hitungan menit. Lihat contoh pembahasan sampai tuntas step by step dimulai dari Lihat Artikel Persiapan Mengolah data Penelitian

Bersyukurlah karena sudah ada software pengolah data SPSS for windows. Jangan bayangkan statistic berwajah rumus yang rumit dan segudang perhitungan lain, disini statistik sebagai alat yang telah mengalamai metamorfosis, ibarat mengitung perkalian 1234 x 4566566, dengan manual ?????, tetapi dengan calculator “no problem”. Demikian juga regresi linear berganda, dengan manual ??????, tetapi dengan SPSS “Menggairahkan dan menantang”. Yang terpenting dari semua aspek teknis itu anda bisa membaca hasil output SPSS tersebut untuk pengambilan kesimpulan atas masalah dan tujuan penelitian, misal untuk apa mengetahui nilai R, R square, nilai F, nilai b, nilai t, nilai Sig dan beberapa figure atau parameter lain yang diperlukan untuk pengujian hipotesis dan menjawab permasalahan penelitian.

Baca artikel Lainnya tentang Regresi Linear Sederhana disini

Belajar Menulis Skripsi & Tesis